Kamis, 16 Februari 2017

Bigorexia, Obsesi Punya Tubuh Berotot Seperti Superhero

Rasa tak percaya diri karena tubuh yang kecil, bisa melahirkan obsesi para cowok membesarkan otot-otot tubuhnya, layaknya tubuh para superhero. Hal ini disebut dengan Bigorexia. Ketahui lebih lanjut mengenai Bigorexia, Obsesi Punya Tubuh Berotot Seperti Superhero

 Selamat datang kembali di halaman Cara Memperbaiki Kinerja Otot Usus Secara Alami yang merupakan salah satu situs resmi Alfian Herbal, yakni tempat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang sudah terbukti ampuh dalam mengobati segala jenis penyakit, baik penyakit akut maupun penyakit kronis. Kami tidak hanya memberikan informasi seputar pengobatan penyakit dengan menggunakan produk kami, karena kami juga akan memberikan informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Nah salah satunya yang akan kita bahas ini adalah mengenai Bigorexia, Obsesi Punya Tubuh Berotot Seperti Superhero. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

Bigorexia, Obsesi Punya Tubuh berotot Seperti Superhero

Bigorexia, Obsesi Punya Tubuh Berotot Seperti Superhero | Beberapa orang rajin nge-gym bukan semata ingin lebih sehat, melainkan karena ingin membentuk otot tubuhnya. Namun kerap kali orang yang sudah berotot merasa masih kurang berotot, sehingga tak pernah melewatkan jadwal nge-gym. Jika sampai terlewat, perasaan bersalah akan mendera. Jika sampai pada kondisi seperti ini, keinginan punya tubuh berotot tak lagi sehat.

 Kondisi semacam itu dikenal sebagai muscle dysmorphia atau bigorexia, yang juga dikenal sebagai kebalikan dari anorexia nervosa. Obsesi mendapatkan tubuh berotot ini sering menimbulkan kecemasan dan depresi. Bahkan penyalahgunaan steroid juga bisa terjadi. Yang lebih parah, bigorexia bisa menyebabkan bunuh diri.

Ketua Body Dysmorphic Disorder Foundation, Rob Willson, menengarai sekitar 10 persen laki-laki yang nge-gym kemungkinan memiliki bigorexia.
"Muscle dysmorphia itu seseorang yang keasyikan dengan pemikiran bahwa dirinya tidak cukup besar dan tidak cukup berotot," kata Willson seperti dikutip dari BBC
Mereka yang rentan mengalami bigorexia biasanya sangat memerhatikan penampilannya, memiliki rasa percaya diri yang rendah, serta memiliki kekhawatiran dan kecemasan. Itu makanya mereka merasa begitu tertekan luar biasa agar bisa tampil sempurna.

Soal makan pun mereka terkesan pilih-pilih. Orang dengan bigoreksia hanya mau makan bahan makanan yang mereka anggap sehat dan dapat membentuk fisiknya. Mereka juga jarang makan di luar karena tak tahu pasti apa yang dimakan.

Umumnya laki-laki lebih ingin punya badan berotot ketimbang perempuan. Sebab badan berotot akan membuat mereka terlihat lebih macho dan seksi. Meski begitu, kondisi ini juga bisa dialami perempuan. Jumlah tepat orang yang mengalaminya sulit didata karena banyak kasus tidak dilaporkan. Selain itu hampir seluruh penderitanya menganggap obsesi ini bukanlah suatu masalah besar sehingga cenderung tidak mencari bantuan medis.

Penyebab bigorexia tidak jelas. Namun National Health Service (NHS) menyatakan ada kemungkinan genetika atau ketidakseimbangan kimia di otak bertanggung jawab atas kondisi tersebut. Pengalaman hidup juga bisa menjadi faktor penyebab, di mana orang dengan bigorexia lebih umum terjadi pada orang-orang yang semasa anak-anak sering diganggu atau dilecehkan.

tanda-tanda seseorang dicurigai mengidap bigorexia:

  • Sering kelelahan di gym
  • Berolahraga secara berlebihan dan kompulsif
  • Menggunakan steroid anabolik untuk meningkatkan pertumbuhan otot
  • Melihat tubuh di cermin secara berlebihan
  • Menyalahgunakan suplemen dan protein shake
  • Lekas ​​marah dan meledak-ledak
  • Mengalami depresi dan mania
  • Panik jika melewatkan sesi olahraga
  • Tetap olahraga meski sedang cedera
  • Memprioritaskan olahraga di atas segala-galanya, tak terkecuali keluarga dan kehidupan sosial
.Nah demikianlah informasi mengenai Bigorexia, Obsesi Punya Tubuh Berotot Seperti Superhero beserta dengan tanda dan gejalanya. Semoga apa yang kami kutif dapat menambah pengetahuan baru anda.

Baca Juga : Kandungan Gizi Dan Manfaat Talas Untuk Kesehatan Tubuh

Bigorexia, Obsesi Punya Tubuh Berotot Seperti Superhero

0 komentar:

Posting Komentar